KONFERENSI ASIA AFRIKA DAN PENGARUHNYA TERHADAP NEGARA - NEGARA EROPA
Konferensi Asia Afrika Berakhirnya Perang Dunia I membawa pengaruh terhadap bangsa-bangsa Asia dan Afrika untuk memperoleh kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan. Di samping itu juga ditandai dengan munculnya dua kekuatan ideologis, politis, dan militer termasuk pengembangan senjata nuklir. Negara Republik Indonesia dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat dan bernegara selalu berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945. Salah satu bentuk penyelenggaraan kehidupan bernegara adalah menjalin kerja sama dengan negara lain. Kebijakan yang menyangkut hubungan dengan negara lain terangkum dalam kebijakan politik luar negeri. Oleh karena itu, pelaksanaan politik luar negeri Indonesia juga harus berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.Indonesia mencetuskan gagasannya untuk menggalang kerja sama dan solidaritas antarbangsa dengan menyelenggarakan KAA.

Latar Belakang Pelaksanaan Konferensi Asia Afrika
Politik luar negeri Indonesia adalah bebas aktif. Bebas, artinya bangsa Indonesia tidak memihak pada salah satu blok yang ada di dunia. Jadi, bangsa Indonesia berhak bersahabat dengan negara mana pun asal tanpa ada unsur ikatan tertentu. Bebas juga berarti bahwa bangsa Indonesia mempunyai cara sendiri dalam menanggapi masalah internasional. Aktifberarti bahwa bangsa Indonesia secara aktif ikut mengusahakan terwujudnya perdamaian dunia. Negara Indonesia memilih sifat politik luar negerinya bebas aktif sebab setelah Perang Dunia II berakhir di dunia telah muncul dua kekuatan adidaya baru yang saling berhadapan, yaitu negara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Amerika Serikat memelopori berdirinya Blok Barat atau Blok kapitalis (liberal), sedangkan Uni Soviet memelopori kemunculan Blok Timur atau blok sosialis (komunis).
Dalam upaya meredakan ketegangan dan untuk mewujudkan perdamaian dunia, pemerintah Indonesia memprakarsai dan menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika. Usaha ini mendapat dukungan dari negara-negara di Asia dan Afrika. Bangsa-bangsa di Asia dan Afrika pada umumnya pernah menderita karena penindasan imperialis Barat. Persamaan nasib itu menimbulkan rasa setia kawan. Setelah Perang Dunia II berakhir, banyak negara di Asia dan Afrika yang berhasil mencapai kemerdekaan, di antaranya adalah India, Indonesia, Filipina, Pakistan, Burma (Myanmar), Sri Lanka, Vietnam, dan Libia. Sementara itu, masih banyak pula negara yang berada di kawasan Asia dan Afrika belum dapat mencapai kemerdekaan. Bangsa-bangsa di Asia dan Afrika yang telah merdeka tidak melupakan masa lampaunya. Mereka tetap merasa senasib dan sependeritaan. Lebih-lebih apabila mengingat masih banyak negara di Asia dan Afrika yang belum merdeka. Rasa setia kawan itu dicetuskan dalam
Konferensi Asia Afrika. Sebagai cetusan rasa setia kawan dan sebagai usaha untuk menjaga perdamaian dunia, pelaksanaan Konferensi Asia Afrika mempunyai arti penting, baik bagi bangsa-bangsa di Asia dan Afrika pada khususnya maupun dunia pada umumnya.
Prakarsa untuk mengadakan Konferensi Asia Afrika dikemukakan pertama kali oleh Perdana Menteri RI Ali Sastroamijoyo yang kemudian mendapat dukungan dari negara India, Pakistan, Sri Lanka, dan Burma (Myanmar) dalam Konferensi Colombo.

Pelaksanaan Konferensi Asia Afrika
Sesuai dengan rencana, Konferensi Asia Afrika diselenggarakan di Bandung pada tanggal 18–24 April 1955. Kon-ferensi Asia Afrika dihadiri oleh wakil-wakil dari 29 negara yang terdiri atas negara pengundang dan negara yang diundang.
Negara pengundang meliputi Indonesia, India, Pakistan, Sri Lanka, dan Burma (Myanmar).
Negara yang diundang 24 negara terdiri atas 6 negara Afrika dan 18 negara meliputi Asia (Filipina, Thailand, Kampuchea, Laos, RRC, Jepang, Vietnam Utara, Vietnam Selatan, Nepal, Afghanistan, Iran, Irak, Saudi Arabia, Syria (Suriah), Yordania, Lebanon, Turki, Yaman), dan Afrika (Mesir, Sudan, Etiopia, Liberia, Libia, dan Pantai Emas/Gold Coast).
Negara yang diundang, tetapi tidak hadir pada Konferensi Asia Afrika adalah Rhodesia/Federasi Afrika Tengah. Ketidakhadiran itu disebabkan Federasi Afrika Tengah masih dilanda pertikaian dalam negara/dikuasai oleh orang-orang Inggris. Semua persidangan Konferensi Asia Afrika diselenggarakan di Gedung Merdeka, Bandung.
Latar belakang dan dasar pertimbangan diadakan KAA adalah sebagai berikut :
- Kenangan kejayaan masa lampau dari beberapa negara di kawasan Asia-Afrika.
- Perasaan senasib sepenanggungan karena sama-sama merasakan masa penjajahan dan penindasan bangsa Barat, kecuali Thailand.
- Meningkatnya kesadaran berbangsa yang dimotori oleh golongan elite nasional/terpelajar dan intelektual.
- Adanya Perang Dingin antara Blok Barat dengan Blok Timur.
- Memiliki pokok-pokok yang kuat dalam hal bangsa, agama, dan budaya.
- Secara geografis letaknya berdekatan dan saling melengkapi satu sama lain.

Tujuan diadakannya Konferensi Asia Afrika, antara lain :
-  Memajukan kerja sama bangsa-bangsa di Asia dan Afrika dalam bidang sosial, ekonomi, dan kebudayaan.
-  Memberantas diskriminasi ras dan kolonialisme.
- Memperbesar peranan bangsa Asia dan Afrika di dunia dan ikut serta mengusahakan perdamaian dunia dan kerja sama internasional.
-  Bekerja sama dalam bidang sosial, ekonomi, dan budaya, membicarakan masalah-masalah khusus yang menyangkut kepentingan bersama seperti kedaulatan negara, rasionalisme, dan kolonialisme.

Pengaruh Konferensi Asia Afrika bagi Solidaritas dan Perjuangan Kemerdekaan Bangsa di Asia dan Afrika
Konferensi Asia Afrika membawa pengaruh yang besar bagi solidaritas dan perjuangan kemerdekaan bangsa di Asia dan Afrika. Pengaruh Konferensi Asia Afrika adalah sebagai berikut.
- Perintis dalam membina solidaritas bangsa-bangsa dan merupakan titik tolak untuk mengakui kenyataan bahwa semua bangsa di dunia harus dapat hidup berdampingan secara damai.
- Cetusan rasa setia kawan dan kebangsaan bangsa-bangsa Asia Afrika untuk menggalang persatuan.
-  Penjelmaan kebangkitan kembali bangsa-bangsa di Asia dan Afrika.
-  Pendorong bagi perjuangan kemerdekaan bangsa di dunia pada umumnya serta di Asia dan Afrika khususnya.
-  Memberikan pengaruh yang besar terhadap perjuangan bangsa-bangsa di Asia dan Afrika dalam mencapai kemerdekaannya.
-  Banyak negara-negara Asia-Afrika yang merdeka kemudian masuk menjadi anggota PBB.
Selain membawa pengaruh bagi solidaritas dan perjuangan kemerdekaan bangsa di Asia dan Afrika, Konferensi Asia Afrika juga menimbulkan dampak yang penting dalam perkembangan dunia pada umumnya. Pengaruh atau dampak itu, antara lain sebagai berikut.
- Konferensi Asia Afrika mampu menjadi penengah dua blok yang saling berseteru sehingga dapat mengurangi ketegangan/détenteakibat Perang Dingin dan mencegah terjadinya perang terbuka.
- Gagasan Konferensi Asia Afrika berkembang lebih luas lagi dan diwujudkan dalam Gerakan Non Blok.
-  Politik bebas aktif yang dijalankan Indonesia, India, Burma (Myanmar), dan Sri Lanka tampak mulai diikuti oleh negara-negara yang tidak bersedia masuk Blok Timur ataupun Blok Barat.
- Belanda cemas dalam menghadapi kelompok Asia Afrika di PBB sebab dalam Sidang Umum PBB, kelompok tersebut mendukung tuntutan Indonesia atas kembalinya Irian Barat ke pangkuan RI.
- Australia dan Amerika Serikat mulai berusaha menghapuskan diskriminasi ras di negaranya.
Pengaruh Konferensi Asia Afrika bagi Solidaritas, Indonesia, dan Perjuangan Kemerdekaan Bangsa di Asia dan Afrika
1. Berkurangnya ketegangan dan bahaya pecahnya peperangan yang bersumberdari persengketaan masalah Taiwan antara RRC dengan Amerika Serikat.
2. Perjuangan bangsa-bangsa Asia-Afrika untuk mencapai kemerdekaan semakinmeningkat. Hal ini tampak dengan meningkatnya jumlah negara-negara Asia-Afrika yang merdeka setelah tahun 1955.
3. Politik luar negeri bebas aktif yang dijalankan Indonesia, India, Birma, danSrilangka mulai diikuti negara-negara lain yang tidak masuk Blok Barat maupun Blok Timur.
Konferensi Asia-Afrika 2015
Konferensi Asia-Afrika (KAA) di Indonesia yang berlangsung di Bandung dan Jakarta pada April 2015, mengusung tema kerja sama promosi perdamaian dan kesejahteraan dunia. Tema yang akan yang akan ditampilkan adalah perkuatan kerja sama selatan-selatan. Pemerintah Indonesia juga menginginkan kerja sama ini memberikan kontribusi dalam mempromosikan perdamaian dan kesejahteraan dunia.
Meskipun kini sebagian besar negara peserta Konferensi Asia Afrika sudah merdeka dari jajahan kolonialisme, namun masih banyak yang belum terlepas dari kemiskinan, inilah alasan diadakannya kembali KAA di Jakarta dan Bandung pada April 2015 mendatang. Konferensi ini masih sangat relevan untuk dilaksanakan. Kalau dulu tujuan KAA pertama seluruh negara berkumpul untuk merdeka, sekarang semua juga bekerja sama untuk mengupayakan memerdekakan negara Asia- Afrika dari kemiskinan. Salah satu agenda utama KAA di Indonesia, yang akan dihadiri oleh 109 pemimpin negara adalah mengenai kemajuan ekonomi.
Pemerintah Indonesia melalui dukungan negara-negara lainnya akan berusaha mendorong dan memajukan kerja sama selatan-selatan, yang memberikan hasil konkret dan kontribusi nyata untuk kesejahteraan negara di Asia Afrika dan juga akan merevitalisasi kemitraan strategis lainnya. Seperti diketahui, 75 persen penduduk dunia ada di Asia-Afrika. GDP di Asia-Afrika juga mencapai US$21 triliun. Sebanyak satu miliar warganya berasal dari kelas menengah, berarti ada peluang pasar yang besar. Selain masalah ekonomi, KAA juga akan mengangkat sejumlah topik, seperti solidaritas dalam politik, pembangunan, dan hubungan sosial budaya antar-negara Asia dan Afrika.
Pertemuan pejabat tinggi dari kawasan Asia-Afrika akan dihelat di Jakarta pada 22-23 April. Kemudian, pada 24 April, seluruh perwakilan negara akan menuju ke Bandung untuk melakukan prosesi napak tilas KAA.
Semakin dekat dengan waktu penyelenggaraan, persiapan panitia penyelenggara dari kementerian luar negeri dan lintas kementerian lainnya sudah maksimal. Dimana pertemuan dengan stakeholders, pimpinan redaksi media, akademisi, dan para senior untuk memberi masukan KAA telah beberapa kali dilakukan. Selain itu diseminasi informasi juga sudah terlaksana, dimana panitia sudah berkoordinasi dengan kementerian luar negeri negara lain dan kedubes mereka di Jakarta.
Ditunjuknya Indonesia menjadi tuan rumah dalam peringatan Konferensi Asia-Afrika (KAA), tentu saja menjadi momen berharga bagi Indonesia untuk kembali memberikan kontribusi bagi perdamaian dunia. Dalam sejarahnya Konferensi Asia-Afrika pertama kali digelar pada 18-24 April tahun1955.
Indonesia dan negara lainnya seperti Myanmar, Srilanka, India, dan Pakistan menjadi inisiatornya. Selain untuk mempromosikan kerja sama ekonomi dan Asia-Afrika, gerakan ini juga dianggap sebagai sikap melawan kolonialisme Amerika Serikat dan Uni Soviet serta negara imperialis lainnya. Dan discussion board ini pula yang menjadi cikal bakal terbentuknya Gerakan Non-Blok pada 1961. Selain memperingati 60 tahun Konferensi Asia Afrika, dalam perhelatan ini juga akan diperingati 10 tahun kerja sama strategis negara-negara Asia dan Afrika, New Asia-Africa Partnership Strategic (NAPS).

Waktu browsing sana sini nemu cerita bagus ini, kalo ada waktu silakan di simak gan.
Mau share gan, pengalaman baru2 ini....semoga bisa menginspirasi
Terus terang mungkin saya akan berpikir 2,3 ato 4 kali bahkan lebih ketika menilai orang lain :)
Ceritanya begini
udah hampir sebulan saya menghuni kos di jalan sangkuriang...alasannya deket ma kampus trus akses ke mana2 enak...trus yang terpenting deket ma mesjid....

Selain beberapa kelebihan di atas yang menjadi faktor plus dan vitalitas adalah kemudahan akses mencari makan. Sudah barang tentu, manusia yang terlahir dalam wujud pria dikaruniai kekurangan dalam hal masak memasak (tp ada kok cewe yg gak bisa juga ....no offense). Back to the topic, tp c aris jago
masak loh (woi out of topic lg), karena keterbatasan skill masak memasak maka saya mengandalkan :

1. warteg jawa
2. warte sunda
3. ayam goreng sambel ijo
4. ayam goreng dan ayam bakar depan y*ma*t
* karena kebanyakan maka dipilih 4 saja berdasarkan Pareto Analysis (TI banget dah)

Latar belakang saya adalah Sunda + Sumatera (Barat-Utara bingung!!!) jadi harusnya suka sekali
makan2 an ala sunda dan pedas2 ala sumatera, tp ternyata saya lebih memilih masakan jawa
(kalo diitung itung make form to chart pasti gede bgt perpindahan dari kamar kosan ke warteg jawa).
Yang menjadi msalah adalah saat jam makan malam, karena bisa dipastkan dengan alpha 0.5 makanan warteg pastilah sudah habis atau limit mendekati habis.

Tidak dengan terpaksa, saya memiliki 2 alternatif (ayam goreng sambel ijo) atau (ayam goreng y*ma*t). Awalnya tentu saja makan ayam goreng sangat menarik aplgi bila ditambh dengan
sambel2 (wew). Namun vonis dari dokter (umum+internis di boromeus +salak) membuat saya tidak
boleh lagi memakan sambal serta makanan kegemaran lainnya (kuah santan sumatera, susu..ini pling berat Allah), so makan ayam goreng terasa hambar dan kurang hot.
Mungkin orang lain tidak sadar, tetapi seorang penjual pasti bertanya2 dalam hati :
" Ini anak kok beli dan makan ayam goreng gak pernah make sambel apa ga hambar, apa sambel saya gak enak, ah gak mungkin kalo ga enak mah"

Sampe tepatnya bapak penjual ayam goreng y*ma*t bertanya, "bang,tidak make sambel makanannya ?" 13406004 menjawab :" iya pak, saya sudah berjanji kepada diri saya untuk tidak
memakan sambal lagi, dilarang dokter pak" . Dari pertanyaan itu kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan pertanyaan yang lebih intensif dan demografis.

FORWARD-----FORWARD SAMPE H-2 IDUL ADHA

"Pak, bu (ibunya ada juga dan sama baiknya), soto ayam masih ada (soto ayam ada jg bro)?"
"Ada bang, makan di sini ?"
"Iya pak"
"Abang gak pulang ,lusa kan idul adha?"
"Nggak pak, saya berhalangan pulang pak, saya shoalt idul adha di sini pak"
"Mampir ya bang abis sholat ya ntar ?"
Sebenernya agak ragu (insting tp lebih cocok disebut kecurigaan) bahwa si bapak BASA BASI
"Insya allah pak, hehehehhe (biasa anak baek)"

FORWARD------FOWRWARD HARI H IDUL ADHA (ALLAHU AKBAR ALLAHU AKBAR)
Jam menunjukkan pukul 06.00 (panik panik) gara2 semalem pesta2 bujangan di kosan 13406030
bersama 13406018,13406039 dan pemilik kosan. Mandi cepat2 dan dress up sampai jam menunjukkan
pukul 06.30 (yes2). Dengan langkah gagah menuju masjid, tp di tengah jalan di hardik sama seorang
bapak " nak jalan ke sana untuk ibu-ibu dan gadis2 ,bapak2 dan bujang2 ke sana ", setengah tengsin namun tetap tenang karena yang negurnya bapak penjual ayam Y*MA*T (DUARR pas bgt dah!!!)

Kemudian seperti bapak dan anak kami berjalan beriringan sampai di halaman luas tempat solat ied,
(dalam hati aduh saya lupa bawa koran buat sejadah). Tanpa diminta bapak penjual Yomart menyerah
kan beberapa korannya. Dari situ saya udah takjub bgt bapak ini baek sekali.

FORWARD----SHOLAT IED 2 RAKAAT (SEKARANG SAAT KHUTBAH)-----intisarinya
Ustadz :"wahai kaum muslimin di hari ini mari kita bangkitkan semangat kita kembali untuk ikhlas
memberikan yang terbaik kepada agama Allah, seperti Ibrahim yang ikhlas mengorbankan
Ismail"
Saya dalam hati : "setiap khutbah saya mendengar ini, tp mengapa saya sampai sekarang saya masih
belum memberikan sesuatu pada agama Allah dan malah menambah kerusakan di muka bumi"

FORWARD----PASCA KHUTBAH
"bang, sekarang kita ke rumah bapak ya ?"
bak mendengar petir CTAR CTAR CTAR "Ya Allah saya sudah salah menilai bahwa bapak
ini hanya basa basi waktu itu"
Saya hanya bisa menganguk dan berjalan bersebelahan dengannya. Di jalan orang lalu lalang
memperhaitkan kami (so sweet,gr bgt sih lo) dan berpapasan dengan istri si bapak. Karena
sedang menyalami ibu2 yg lainnya, dia kurang memperhatikan kedatangan saya di belakang
suaminya.

FORWARD----RUMAH BAPAK
Saya masuk dan dipersilakan duduk oleh si bapak. Di dalam rumah saya diperkenalkan dengan
anak pertamanya, menantu pertamanya, serta cucu-cucunya yang amat menggemaskan.
Melihat cucunya yang berusia 1,2 tahun mengingatkan saya pada adik kecil saya (Dava, maaf
abang tidak pulang, abang masih berusaha yang terbaik di sini) yang juga menggemaskan.
Tak lama kemudian istri si bapak datang dan saya tanpa disuruh langsung mencium tangan si ibu.

Belum habis perasaan menyesal karena menuduh yg bukan2 si bapak bilang " Bang,sekarang kamu
di rumah ini jadi anak bapak juga, jadi bukan tamu di sini ,jadi anggap saja bapak ini adalah bapak
kamu dan ibu ini jadi ibu kamu juga"

CTAR CTAR, perasaan menyesal, senang,bangga, dan sedih berkecamuk saat itu juga. Ya Allah betapa
hamba bodoh saat tahu dia tulus mengundang hamba (menyesal ). Ya Allah terimakasih sudah
memberikan keluarga baru untuk hamba (senang) .
Perasaan campur aduk ini bisa saya kendalikan dengan baik untungnya. Kemudian si bapak bercerita mengenai masa mudanya. Dan sekali lagi saya salah ...benar2 salah, dia bukan orang bodoh!!!!
dia adalah seorang AHLI TANAH...AHLI GEOLOGI ya Allah,semoga usaha nya tetap dirahmati-MU
(saya tidak akan ragu lagi). Dia bercerita mengenai pengalamannya menjelajahi nusantara
dari Sumatera hingga Papua (Subhanallah), bahkan dia berjumpa dengan istrinya karena ayah dari istrinya adalah seorang team geologi seniornya (bosnya lah)!!! Benar2 Allah swt menunjukkan jalan
bagi hambanya yang berjalan di jalan-nya.

Mendengar pengalaman hidupnya yang begitu hebat, saya mengutrakan keinginan untuk suatu saat
berkelana mencari pengalaman yang belum saya dapat sekarang ini. Saya ingin berkelana ya Allah
ke titik-titik rahmat Mu di muka bumi dan menemukan waktu yang tepat untuk mengakhiri perjalanan
tersebut dengan membentuk keluarga sakinah,mawadah,dan warrohmah seperti orang yang sudah
kau kirimkan pada hamba.

tp saya juga bersyukur karena sejak hari itu
SAYA MENDAPATKAN KELUARGA BARU ...SAYA MENDAPAT PELAJARAN BARU : JANGAN PERNAH
MEMANDANG RENDAH SESEORANG

Semoga Kita Bisa Memberikan yan Terbaik Bagi Ibu, Ayah dan Saudara2 Kita,Amin

Gimana ceritanya..? semoga bisa di ambil jadi pelajaran buat kita

OTONOMI DAERAH

Apa yang di maksud dengan otonomi daerah?

            Otonomi sendiri adalah penyerahan wewenang dari pemr pusat ke daerah yang berada di bawahya dalam segala aspek kecuali militer, politik luar negeri, fiskal, dan bank sentral.

Menurut undang-undang nomor 32 tahun 2004 Otonomi daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Secara harfiah, otonomi daerah berasal dari kata otonomi dan daerah. Dalam bahasa Yunani, otonomi berasal dari kata autos dan namos. Autos berarti sendiri dan namos berarti aturan atau undang-undang, sehingga dapat diartikan sebagai kewenangan untuk mengatur sendiri atau kewenangan untuk membuat aturan guna mengurus rumah tangga sendiri. Sedangkan daerah adalah kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas-batas wilayah.

Dasar hukum otonomi daerah
  • Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  • Ketetapan MPR RI Nomor XV/MPR/1998 tentang Penyelenggaraan Otonomi Daerah, Pengaturan, pembagian, dan Pemanfaatan Sumber Daya Nasional yg Berkeadilan, serta perimbangan keuangan Pusat dan Daerah dalam Kerangka NKRI.
  • Ketetapan MPR RI Nomor IV/MPR/2000 tentang Rekomendasi Kebijakan dalam Penyelenggaraan Otonomi Daerah.
  • UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.pemerintahan daerah mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan, diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan, pelayanan, pemberdayaan, dan peran serta masyarakat, serta peningkatan daya saing daerah dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan dan kekhususan suatu daerah dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • UU No. 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Pelaksanaan Otonomi Daerah

Pelaksanaan otonomi daerah merupakan titik fokus yang penting dalam rangka memperbaiki kesejahteraan rakyat. Pengembangan suatu daerah dapat disesuaikan oleh pemerintah daerah dengan potensi dan kekhasan daerah masing-masing.
Contoh pelaksanaan otonomi daerah
1. kewajiban pekerja di instansi untuk mengenakan seragam dinas.
2. penentuan UMR (upah minimum regional) bagi pekerja swasta
3. penertiban pedagang kaki lima
4. pengembangan daerah
5. retribusi
6. pajak daerah
7. penggunaan kurikulum pendidikan setempat, seperti penggunaan bahasa daerah yang dimasukkan ke pelajaran sekolah.

Tujuan otonomi daerah

Tujuan utama dikeluarkannya kebijakan otonomi daerah yaitu membebaskan pemerintah pusat dari berbagai beban dan menangani urusan suatu daerah yang bisa diserahkan kepada pemerintah daerah. Oleh karenanya pemerintah pusat memiliki kesempatan untuk mempelajari, merespon, memahami berbagai kecenderungan global dan menyeluruh serta dapat mengambil manfaat daripadanya. Pemerintah pusat diharap lebih mampu berkonsentrasi dalam perumusan kebijakan makro atau luas yang sifatnya umum dan lebih mendasar, juga dengan adanya desentralisasi daerah dapat mengalami proses pemberdayaan yang lebih optimal. Sehingga kemampuan prakarsa dan kreativitas pemerintah daerah akan terpacu, dan dalam mengatasi masalah yang terjadi di daerahnya  semakin kuat. Tujuan lainnya dari kebijakan otonomi daerah antara lain : mengembangkan kehidupan demokrasi, pemerataan, keadilan, mendorong dalam memberdayakan masyarakatnya, meningkatkan peran serta masyarakat, mengembangkan peran dan fungsi DPRD juga memelihara hubungan baik antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

Manfaat Otonomi Daerah
            memberikan hak kepada daerah otonom untuk mengatur daerahnya sendiri, agar mereka memiliki kebebasan dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakatnya, juga mempermudah pemda otonom untuk mengetahui atau mengerti kebutuhan masyarakat didalamnya. Manfaat otonomi daerah lainnya antara lain:
  1.   Pelaksanaan otonomi daerah dapat dilaksanakan sesuai kepentingan masyarakatnya.
  2.   Memotong jalur birokrasi yang sedikit rumit dan prosedur yang sangat terstruktur dari pemerintah pusat.
  3.   Mampu meningkatkan efisiensi pemerintahan pusat, pejabat pusat tidak lagi menjalankan tugas rutin  ke daerah-daerah karena hal itu bisa diserahkan kepada pejabat daerah otonom.
  4. Dapat meningkatkan pengawasan dalam berbagai kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh elite lokal, yang biasanya tidak simpatik dengan program-program pembangunan nasional dan tidak sensitif terhadap kebutuhan dari kalangan miskin di suatu pedesaan.
  5.  Dapat meningkatkan penyediaan barang dan jasa disuatu daerah dengan biaya yang terjangkau dan lebih rendah, hal itu tidak lagi menjadi beban pemerintah pusat karena telah diserahkan kepada pemda.

Kasus Budi Gunawan dan ketegangan KPK-Polri


Selama beberapa pekan terakhir, polemik akan pencalonan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri dan ketegangan antara KPK-Polri terus berlanjut, berikut kronologinya.
10 Januari 2015
Presiden Joko Widodo memilih Budi Gunawan sebagai kandidat tunggal Kapolri menggantikan Sutarman. Keputusan Jokowi mengundang kritik karena keterkaitan Budi dengan kasus rekening gendut pejabat Polri serta pengaruh Megawati Sukarnoputri, karena Budi pernah menjadi ajudan Megawati saat ia menjadi presiden.
13 Januari 2015
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan Budi Gunawan sebagai tersangka korupsi saat ia menjabat Kepala Biro Pembinaan Karier Deputi Sumber Daya Manusia Polri periode 2003-2006 dan jabatan lainnya di kepolisian. Ketua KPK Abraham Samad mengatakan Komjen BG sejak lama sudah mendapatkan catatan merah dari KPK.
14 Januari 2015
Budi Gunawan dinyatakan lulus uji kelayakan dan kepatutan oleh Komisi III DPR.
15 Januari 2015
Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menetapkan Komisaris Jenderal Komjen Budi Gunawan sebagai calon kapolri menggantikan Jenderal Sutarman, pada Kamis (15/01) siang. Keputusan sidang paripurna itu didukung oleh delapan fraksi yaitu PDI-P, Golkar, Gerindra, PKS, PKB, Nasdem, Hanura, dan PPP. Sementara Fraksi Demokrat dan PAN meminta DPR menunda persetujuan dengan sejumlah pertimbangan, antara lain adanya penetapan tersangka Budi Gunawan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)
Pada periode ini, beredar foto-foto mesra yang diduga sebagai sebagai Ketua KPK Abraham Samad dan Putri Indonesia 2014 Elvira Devinamira. Baik Elvira mau pun Samad menyatakan foto-foto itu palsu.
19 Januari 2015
Budi Gunawan mendaftarkan gugatan pra peradilan terkait penetapan tersangka atas dirinya oleh KPK ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
22 Januari 2015
Kuasa hukum Budi Gunawan melaporkan para komisioner KPK ke Badan Reserse Kriminal Mabes Polri dengan tuduhan membocorkan rahasia negara berupa laporan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK ) terhadap rekening Budi Gunawan dan keluarganya.
Pada hari yang sama, PLT Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto memberikan pernyataan publik bahwa Abraham Samad pernah mengutarakan ambisi menjadi calon wakil presiden dan bahwa Samad menuduh Budi Gunawan menggagalkan ambisinya.
23 Januari 2015
Bareskrim Polri menangkap wakil ketua KPK Bambang Widjojanto dengan tuduhan memerintahkan saksi sengketa pilkada Kotawaringin Barat bersumpah palsu. Penangkapan dilakukan petugas bersenjata di hadapan anak Bambang. Ratusan orang berdatangan ke gedung KPK untuk memberikan dukungan kepada KPK. Pada malam harinya, Samad serta sejumlah tokoh masyarakat mendatangi Bareskrim Mabes Polri menuntut pembebasan Bambang Widjojanto.
Pada hari yang sama, Presiden Joko Widodo menyatakan sikapnya terkait konflik ini. Namun pernyataan Jokowi disambut kekecewaan oleh sebagian publik karena dianggap tidak menyelesaikan masalah.
"Memastikan bahwa proses hukum yang ada harus obyektif dan sesuai aturan Undang-Undang yang ada. Saya meminta sebagai kepala negara agar institusi Polri dan KPK tidak terjadi gesekan dalam menjalankan tugas masing-masing," kata Jokowi saat itu.
Para pengamat bahkan mengkritik bahwa Jokowi tidak bertindak sebagai kepala negara melainkan petugas partai.
24 Januari 2015
Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja diadukan ke Bareskrim Polri atas dugaan pemalsuan surat notaris dan penghilangan saham PT Desy Timber.
25 Januari 2015
Jokowi membentuk tim 9 untuk membantu mencarikan solusi ketegangan KPK-Polri.
28 Januari 2015
Tim 9 mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo untuk mencabut pencalonan Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kapolri karena Budi sudah ditetapkan KPK sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi.
"Kita harapkan tidak dilantik dan kemudian diajukan calon baru. Alasannya karena dia telah berstatus tersangka sehingga bukan hanya rule of law tetapi juga rule of ethics yang harus dijadikan pegangan, "kata Wakil Ketua Tim 9, Jimly Asshidiqie, kepada Nuraki Aziz dari BBC Indonesia.
Tim bentukan presiden ini memberikan usulannya untuk mendesak Jokowi agar segera bertindak agar keadaan negara tidak terombang-ambing.
26 Januari 2015
Wakil Ketua KPK Zulkarnaen dilaporkan ke Mabes Polri dengan tuduhan korupsi dana hibah Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) Jawa Timur pada 2008.
2 Februari 2015
Sidang gugatan pra peradilan Budi Gunawan dimulai di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
16 Februari 2015
Majelis Hakim PN Jakarta Selatan mengabulkan gugatan Budi Gunawan dan menyatakan penetapannya sebagai tersangka tidak sah dan tidak bersifat mengikat secara hukum.

1.1   Pendahuluan
        Rasa cinta kepada tanah air sebenarnya adalah sesuatu hal yg sangat penting yg perlu ada pada setiap warga negara manapun, tetapi sulit untuk diterapkan. Dengan adanya rasa cinta terhadap negara asal, dapat membantu suatu negara untuk berkembang, bersaing dengan negara lain, dan membuat warga negaranya menjadi lebih baik.

1.2   Tujuan
        Dengan penulisan ini diharapkan agar masyarakat dapat menyadari pentingnya rasa cinta terhadap tanah air, mengapa rasa cinta tanah air diperlukan dan contoh untuk mewujudkannya.

2.1 Pengertian Cinta Tanah Air
                Cinta Tanah air dapat diartikan sebagai kasih sayang terhadap suatau suatu negara dimana seseorang berasal. Dengan adanya rasa kasih sayang tersebut dapat mendorong seseorang untuk mengabdi, memelihara, membela dan membuat negara tempat dia dilahirkan berkembang menjadi lebih baik.
2.2 Mengapa Cinta Tanah Air Diperlukan
                Suatu negara membutuhkan sebuah proses yang lama dan tidak mudah untuk berkembang menjadi negara maju. Untuk itu, negara membutuhkan orang-orang yg bertanggung jawab, cerdas, berwawasan dan juga cinta terhadap tanah air mereka. Dengan rasa cinta terhadap tanah air, mereka akan membantu negaranya menjadi negara yang lebih baik karena sebuah bangsa atau negara tidak akan menjadi menjadi negara yang maju atau berkembang tanpa bantuan dari warga negaranya itu sendiri, baik masyarakat ataupun pemerinttahannya.
2.3 Bentuk Cinta Tanah Air
                Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan rasa cinta terhadap tanah air kita. Salah satu contohnya adalah.
  • Bangga Sebagai Warga Negara

Rasa bangga sebagai warga negara itu sendiri sebenarnya memiliki dampak yang besar terhadap kepada negaranya. Dengan itu, warga negara akan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik untuk negaranya dan dapat bersaing dengan negara lain.
  • Memakai Produk Dalam Negeri
      Dengan memakai produk dalam negeri berarti menghargai hasil dari negara itu sendiri.
Maka akan memberi dampak positif terhadap peningkatan pendapatan dan juga pembukan lapangan kerja.
  • Menaati Peraturan

      Dengan menaati peraturan, kita dapat menjaga kedamaian di negara itu sendiri. Membuat masyarakat yang lebih displin dan meningkatkan kualitas pemerintahaan yang baik.
  •  Membayar Pajak

      Dengan membayar pajak, kita ikut serta dalam pembangunan negara. Uang yang diperoleh dari pajak akan digunakan untuk membiayai berbagai jenis pembangunan yang ada.

2.4 Penyebab Menurunnya Rasa Cinta Tanah Air
·         Persaingan dari negara lain
·         Kurangnya kualitas suatu produk
·         Pemikiran maysarakat yang masih tertutup
·         Tidak menghormati satu sama lain
·         Tidak menaati peraturan yang ada

3.1 Kesimpulan
                Rasa cinta tanah air harus diterapkan kepada setiap warga negaranya. Agar dapat menjadi negara yang lebih baik tentu saja negara itu sendiri membutuhkan warga negara yg lebih baik. Dengan begitu warga negara memiliki semangat atau rasa ingin membuat negaranya tidak kalah dengan negara lain dan terus berusaha untuk meningkatkan kualitas negara dan penduduknya.

3.2 Saran
                Rasa Cinta terhadap tanah air harus di tanamkan sejak dini kepada masyarakat. Karena mereka adalah penerus-penerus bangsa.

1.      Aplikasi – aplikasi Siklus Pendapatan

Siklus pendapatan adalah rangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pemrosesan informasi terkait yang terus berulang dengan menyediakan barang dan jasa ke para pelanggan dan menagih kas sebagai pembayaran dari penjualan-penjualan tersebut. Terdapat empat aktivitas dasar bisnis yang dilakukan dalam siklus pendapatan :
1.      Entri Pesanan Penjualan :
          Mengambil pesanan dari pelanggan.
          Memeriksa dan menyetujui kredit pelanggan.
          Memeriksa ketersediaan persediaan.
2.      Pengiriman
Aktivitas dasar kedua dalam siklus pendapatan adalah memenuhi pesanan pelanggan dan mengirimkan barang dagangan yang diinginkan tersebut, proses ini terdiri dari dua tahap :
          Mengambil dan mengepak pesanan.
          Mengirim pesanan tersebut.
3.      Penagihan dan Piutang Usaha
Aktivitas dasar ketiga dalam siklus pendapatan, melibatkan :
          Penagihan ke para pelanggan.
          Memelihara data piutang usaha.
4.      Penagihan Kas
          Menangani kiriman uang pelanggan.
          Menyimpannya ke bank.

Entri Pesanan Penjualan (Aktivitas 1)
Fungsi entri pesanan penjualan mencakup tiga aktivitas utama, yaitu :
1. Mengambil pesanan dari pelanggan
2. Memeriksa dan menyetujui kredit pelanggan
3. Memeriksa ketersediaan persediaan
Bagaimanapun data pesanan pelanggan diterima pada awalnya, merupakan hal yang penting bahwa semua data yang dibutuhkan untuk memproses pesanan tersebut dikumpulkan dan dicatat secara akurat. Oleh sebab itu, pemeriksaan edit berikut ini harus dilakukan untuk memastikan akurasi yang menyeluruh:
-          Pemeriksaan validitas, Uji kelengkapan
-          Uji kewajaran
-          Persetujuan kredit
-          Otorisasi umum, Batas kredit
-          Otorisasi khusus:Pemeriksaan batas
Langkah berikutnya adalah, menetapkan apakah tersedia cukup persediaan untuk memenuhi pesanan tersebut. Internally generated documents produced by sales order entry:
-          Pesanan penjualan
-          Slip pengepakan
-          Kartu pengambilan barang
Pengiriman (Aktivitas 2)
Warehouse workers are responsible for filling customer orders by removing items from inventory. Keputusan-keputusan penting dan kebutuhan informasi:
-          Menentukan metode pengiriman.
-          in-house
-          outsource
Dokumen, catatan, dan prosedur:
·          Kartu pengambilan printed by the sales order entry triggers the shipping process and is used to identify which products to remove from inventory.
·          Jumlah phisik dibandingkan dengan kuantitas pada kartu pengambilan dan slip pengepakan.
·          Beberapa tempat pemeriksaan dibuat dan dokumen pengiriman dipersiapkan.
Penagihan dan Piutang Usaha (Aktivitas 3)
Dua aktivitas yang dilakukan pada stage siklus pendapatan ini adalah:
1.      Invoicing customers
2.      Maintaining customer accounts
 Jenis sistem penagihan:
·           Dalam sistem setelah penagihan, faktur dipersiapkan setelah confirmasi bahwa barang-barang dikirim.
·          Dalam sistem pra penagihan, faktur dipersiapkan (tetapi tidak dikirim) sesegera pesanan disetujui.
·          Persediaan, piutang dagang, dan file buku besar diperbaharui pada waktu ini.
Metode-metode pengurusan piutang dagang:
·           Metode faktur terbuka
·           Metode pembayaran gabungan
Penagihan Kas (Aktivitas 4)
Dua bagian yang terlibat dalam aktivitas ini adalah:
1.      Kasir
2.      Fungsi piutang dagang
Keputusan-keputusan penting dan Kebutuhan Informasi:
1.      Pentingnya pengurangn pencurian kas.
2.      Fungsi penagihan piutang dagang seharusnya tidak mempunyai akses phisik ke kas atau cek.
3.      Fungsi piutang dagang harus mampu mengidentifikasi sumber suatu pengiriman uang dan vaktur aplikasi harus dikredit.
Dokumen, catatan, dan prosedur:
1.      Cek diterima dan dikirim (disimpan).
2.      Daftar pengiriman uang dipersiapkan dan dimasukkan secara on-line pelanggan, nomor faktur, dan jumlah setiap pembayaran.
3.      The system performs a number of on-line edit checks to verify the accuracy of data entry.


Model Data Siklus Pendapatan
KET.
PD                   = Piutang Dagang                         BB                = Buku Besar
PNGHN           = Penagihan                                 OP                 = Order Penjualan
PGRMN           = Pengiriman                               CUSTM         = Pelanggan
KUNCI ARUS DATA
1. Order                                                        8 . Pengiriman
2. Order Penjualan                                       9 . Nota Pengiriman
3. Order Penj. di ACC                                  10. Faktur
4. Order Pengiriman                                     11. Memo Pemindahbuku
5. Slip Pengepakan                                       12. Voucher Jurnal
6. Memo Penagihan                                      13. Pengendalian Total
7. Nota Pengiriman

2.      Aplikasi – aplikasi Siklus Pengeluaran :

Sikklus Pengeluaran adalah rangkaian kegiatan bisnis dan operasional pemrosesan data terkait yang berhubungan dengan pembelian serta pembayaran barang dan jasa.
Tujuan utama dalam siklus pengeluaran adalah untuk meminimalkan biaya total memperoleh dan memelihara persediaan, perlengkapan, dan berbagai layanan yang dibutuhkan organisasi untuk berfungsi.
Siklus Pengeluaran : Keputusan-keputusan penting :
          Berapakah tingkat optimal persediaan dan perlengkapan yang akan ditanggung?
          Pemasok manakah yang memberikan kualitas dan layanan terbaik dengan harga terbaik ?
          Dimanakah persediaan dan perlengkapan akan disimpan ?
          Bagaimana cara organisasi mengkonsolidasi pembelian di lintas unit untuk mendapatkan harga yang optimal ?
          Bagaimana TI dapat digunakan untuk meningkgatkan baik efisiensi maupun keakuratan fungsi logistik inbound ?
          Apakah tersedia cukup kas untuk memanfaatkan diskon yang diberikan oleh pemasok ?
          Bagaimana pembayaran ke vendor dapat dikelola untuk memaksimalkan arus kas ?
Aktivitas Bisnis Siklus Pengeluaran :
1.      Memesan barang, Perlengkapan dan jasa (layanan)
Aktivitas utama pertama dalam siklus pengeluaran adalah memesan persediaan atau perlengkapan.
Aktivitas utama pertama dalam siklus pengeluaran adalah memesan persediaan atau perlengkapan. Metode pengendalian persediaan tradisional ini sering disebut: kuantitas pesanan ekonomis [EOQ]). Pendekatan ini didasarkan pada perhitungan jumlah optimal pesanan untuk meminimalkan jumlah biaya pemesanan, penggudangan dan kekurangan persediaan.

Metode-metode pengendalian persediaan alternatif :
                    MRP (material requirement planning). Pendekatan ini bertujuan mengurangi tingkat persediaan yang dibutuhkan dengan cara menjadwalkan produksi, bukan memperkirakan kebutuhan. Sistem MRP menjadwalkan produksi untuk memenuhi perkiraan kebutuhan penjualan, sehingga menghasilkan persediaan barang jadi.
                    JIT (just in time). Sistem JIT berusaha untuk meminimalkan, jika bukan menghilangkan, baik biaya penggudangan maupun kekurangan persediaan. Sistem JIT menjadwalkan produksi untuk memenuhi permintaan pelanggan, sehingga secara nyata meniadakan persediaan barang jadi.
Dokumen-dokumen dan prosedur-prosedur:
Permintaan pembelian adalah sebuah dokumen yang mengidentifikasikan berikut ini :
       Peminta dan mengidentifikasi nomor barang
       Menspesifikasikan lokasi pengiriman dan tanggal dibutuhkan
       Deskripsi, jumlah barang, dan harga setiap barang yang diminta
       Dan dapat berisi pemasok yang dianjurkan
       Menetukan pemasok (vendor)
Faktor-faktor apakah yang harus dipertimbangkan dalam membuat keputusan adalah
§  Harga, kualitas bahan baku
§  Dapat diandalkan dalam melakukan pengiriman
Pesanan pembelian adalah sebuah dokumen atau formulir elektronis yang secara formal meminta pemasok untuk menjual dan mengirimkan produk yang disebutkan dengan harga yang telah ditentukan. Pesanan pembelian juga merupakan janji untuk membayar dan menjadi sebuah kontrak begitu pemasok menyetujuinya.
2.      Menerima dan menyimpan barang, Perlengkapan dan jasa (layanan)
Menerima dan menyimpan barang, Perlengkapan dan jasa (layanan) :
          Aktivitas bisnis utama kedua dalam siklus pengeluaran adalah penerimaan dan penyimpanan barang yang dipesan.
          Keputusan-keputusan penting dan kebutuhan-kebutuhan informasi:
          Bagian penerimaan mempunyai dua tanggung jawab utama:
     Memutuskan apakah menerima pengiriman
     Memeriksa jumlah dan kualitas barang
          Dokumen-dokumen dan prosedur-prosedur:
          Laporan penerimaan adalah dokumen utama yang digunakan dalam subsistem penerimaan dalam siklus pengeluaran, laporan ini mendokumentasikan rincian mengenai: setiap kiriman, termasuk tanggal penerimaan, pengiriman, pemasok, dan nomor pesanan pembelian.
Bagi setiap barang yang diterima, laporan ini menunjukkan nomor barang, deskripsi, unit ukuran, dan jumlah barang yang diterima.
3.      Membayar barang, Perlengkapan dan jasa (layanan)
Aktivitas utama ketiga dalam siklus pengeluaran adalah menyetujui faktur penjualan dari vendor untuk pembayaran.
– Bagian utang usaha menyetujui faktur penjualan untuk dibayar
– Kasir bertanggung jawab untuk melakukan pembayaran
Tujuan utang usaha adalah untuk mensahkan pembayaran hanya untuk barang dan jasa yang dipesan dan benar-benar diterima.
Ada dua cara untuk memproses faktur penjualan dari vendor :
  Sistem tanpa voucher
  Sistem Voucher

Mengenai Saya

Foto saya
Hanya orang iseng yang ingin membuat blog. hehe.. ~Music is my live~

About this blog

Sebuah blog biasa yang berisi artikel artikel yang mungkin dapat berguna bagi anda yang membacanya. ^_^