E-Bisnis

Pengertian E-bisnis
            Adalah kegiatan transaksi, jual beli atau bisnis yang di lakukan melalui jaringan internet. Perusahaan juga dapat langsung berhubungan dengan pembeli, rekan bisnis ataupun supplyer.

Jenis Jenis E-bisnis
1.      Business to Businnes (B2B)
Dilakukan oleh satu persusahaan dengan perusahaan lain dalam bidang yang sama atau berbeda.
2.      Business to Cosumer (B2C)
Perusahaan menjual langsung barang daganannya kepada pembeli/konsumen.
3.      Consument to Consument (C2C)
Seseorang menjual produk atau jasa mereka kepada orang lain.
4.      Consument to Business (C2B)
Konsumen memberitahukan kebutuhan mereka atas suatu produk atau jasa tertentu. Para pemasok akan bersaing untuk menyediakan atau memenuhi kebutuhan dari konsumen tersebut.

Tujuan E-Bisnis
Untuk mendukung effisiensi suatu perusahaan untuk menawarkan barang yang dijual. Selain itu juga sebagai sarana informasi dan komunikasi kepada para konsumen

Ruang lingkup E-Bisnis
            Dibagi menjadi 4 dimensi
·         Dimensi Who
Entitas entitas yang berinteraksi dalam e bisnis dapat diklasifikasikan menjadi: Agent, Business, Consumer, Device, Employee, Family, Government
·         Dimensi What
Wilayah e-bisnis mencakup kolaborasi antara organisasi dan mitranya, interaksi organisasi dengan pelanggan, dll

·         Dimensi Where
Kegiatan e-bisnis dapat dilakukan dimana saja selama ke dua pihak memiliki fasilitas elektronik dan akses
·         Dimensi Why
Penerapan e-bisnis tidak saja menguntungkan, tapi juga memberikan kesempatan kepada organisasi untuk menaikkan tingkat pendapatannya.

Kunci sukses E-Bisnis
·         Menyediakan harga kompetitif
·         Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat dan ramah
·         Menyediakan informasi barang atau jasa dengan lengkap dan jelas
·         Menyediakan bonus, penawaran istimewa atau diskon
·         Memberikan perhatian khusus seperti ulasan pembelian
·         Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, atau mendapat masukan dari pelanggan
Contoh Analisa Kasus (ebay)
            Ebay adalah salah satu perusahaan e-bisnis yang menyediakan servis consumer to consumer dan business to consumer dengan media internet. Berlokasi di San Jose, California US, di dirikan oleh Pierre Omidyar pada tahun 1995.
            Ebay adalah sebuah pelelangan online dan web jual beli dimana orang dan perusahaan membeli dan menjual berbagai macam barang dan jasa di seluruh dunia. Ebay mengambil keuntungan dari biaya pada saat sebuah barang di daftarkan atau terjual.
Ebay strategi :
1.      Membangun basis pengguna yang lebih besar
Untuk menarik pengguna baru, ebay menjalin hubungan dengan berbagai website, termasuk Amerika online yang memberikan ebay akses terbesar untuk pengguna terbesar di internet dan mencegah AOL memasukin arena pelelangan.
2.      Ebay berkonsentrasi pada perdagangan lokal dan internasional
Ebay memiliki 53 situs lokal dalam perdaganan US, mereka memberi kemudahan kepada pembeli untuk barang barang yang susah di kirim seperti barang antik dan automobile. Perusahaan ini juga memiliki cabang di berbagai macam negara
3.      Membuat merek yang kuat
Tahun tahun pertama ebay tidak mengeluarkan sedikitpun uang pada perdanganan, mengandalkan hanya kepada pemasaran viral dan kemampuannya untuk bersaing tanpa henti untuk mempertahankan pengakuan pasar.
4.      Memperluas platform perdagangan
Pada tahun ke empatnya, 1999, banyak pesaing yang masuk ke perdagangan lelang online, seperti yahoo dan amazon. Ebay memperkenalkan harga kategori produk yang lebih tinggi, sebuah langkah yang akan meningkatkan margin keuntungan secara dramatis, sementara membutuhkan pengeluaran yang minimal.
5.      Mempertahankan kepercayaan kuad pada masyarakat
Perusahaan ini percaya bahwa membina interaksi langsung antara pembeli dan penjual dengan minat yang sama akan menciptakan komunitas pengguna yang loyal dan aktif.
6.      Terus meningkatkan fitur dan fungsi situs
Seperti meningkatkan cara pembayaran dan proses pembelian atau penjualan melalui situs ebay menjadi lebih mudah



Model Design Database

Pengertian
            Database (Basis data) merupakan kumpulan dari file / data yang saling berhubungan yang tersimpan di simpanan luar komputer atau dalam media penyimpanan. Desain Database adalah proses menghasilkan detail (rinci) model data dari basis data (database).

Ruang lingkup
1.      Pendefinisian Sistem
Pendefinisian dari sistem database, pemakai dan aplikasinya
2.      Perancangan database
a.      Model konseptual database
b.      Model logika database
c.       Fisik database
3.      Implementasi
a.      Pembuatan file database
b.      Penerapan aplikasi perangkat lunak
4.      Pengisian dan konversi data (loading)
a.      Pengisian data ke dalam database
b.      Pengkonversian data dari nama file lama ke nama file baru
5.      Konversi aplikasi
a.      Aplikasi software dari sistem lama ke sistem baru
6.      Testing dan validasi
a.      Sistembaru di tes dan di validasi
7.      Operasi
a.      Pengoperasian sisem database dan aplikasinya
8.      Monitoring dan pemeliharaan
Tahapan Perencanaan database
1.      Pengumpulan data dan analisis
Pengumpulan dan analisis permintaan dari para pemakai maupun area aplikasi
2.      Perancangan model konseptual database
Perancangan skema konseptual
3.      Pemilihan DBMS
Terdapat 2 faktor dalam melilih DBMS, Faktor teknik atau Faktor ekonomi
4.      Perancangan model logika database
Pemetaan sistem independen dan penyesuaian skema ke DBMS
5.      Perancangan Fisik Database
6.      Implemenasi sistem database

Jenis Model database
1.      Model rasional
Merupakan model database berdasarkan logika urutan pertama. Seluruh data di wakili dalam bentuk tuple, digabungkan dalam relasi relasi
2.      Model hierarkis
Model data dimana data tersebut diatur dengan struktur data tree. Struktur ini dapat mewakili finormasi menggunakan hubungan parent/child: stiap parent memiliki banyak child tapi stiap child hanya memiliki 1 parent.
3.      Model Jaringan
Merupakan model database yang diyakini sebagai cara fleksibel mewakili objek dan hubungan mereka. Model ini memiliki fitur istimewa yang pada skema, diperlihatkan sebagai grafik dengan tipe objek ialah node, tipe bilangan curva, dan yang tidak terbatas menjadi hierarki aau berkisi
4.      Object orientasi

Adalah sistem manajemen database dimana informasi diwakili dalam bentuk benda yang di gunakan dalam pemrograman berorientasi objek

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Hanya orang iseng yang ingin membuat blog. hehe.. ~Music is my live~

About this blog

Sebuah blog biasa yang berisi artikel artikel yang mungkin dapat berguna bagi anda yang membacanya. ^_^