Waktu browsing sana sini nemu cerita bagus ini, kalo ada waktu silakan di simak gan.
Mau share gan, pengalaman baru2 ini....semoga bisa menginspirasi
Terus terang mungkin saya akan berpikir 2,3 ato 4 kali bahkan lebih ketika menilai orang lain
Ceritanya begini
udah hampir sebulan saya menghuni kos di jalan sangkuriang...alasannya
deket ma kampus trus akses ke mana2 enak...trus yang terpenting deket
ma mesjid....
Selain beberapa kelebihan di atas yang menjadi faktor plus dan vitalitas
adalah kemudahan akses mencari makan. Sudah barang tentu, manusia yang
terlahir dalam wujud pria dikaruniai kekurangan dalam hal masak memasak
(tp ada kok cewe yg gak bisa juga ....no offense). Back to the topic, tp
c aris jago
masak loh (woi out of topic lg), karena keterbatasan skill masak memasak maka saya mengandalkan :
1. warteg jawa
2. warte sunda
3. ayam goreng sambel ijo
4. ayam goreng dan ayam bakar depan y*ma*t
* karena kebanyakan maka dipilih 4 saja berdasarkan Pareto Analysis (TI banget dah)
Latar belakang saya adalah Sunda + Sumatera (Barat-Utara bingung!!!) jadi harusnya suka sekali
makan2 an ala sunda dan pedas2 ala sumatera, tp ternyata saya lebih memilih masakan jawa
(kalo diitung itung make form to chart pasti gede bgt perpindahan dari kamar kosan ke warteg jawa).
Yang menjadi msalah adalah saat jam makan malam, karena bisa dipastkan
dengan alpha 0.5 makanan warteg pastilah sudah habis atau limit
mendekati habis.
Tidak dengan terpaksa, saya memiliki 2 alternatif (ayam goreng sambel
ijo) atau (ayam goreng y*ma*t). Awalnya tentu saja makan ayam goreng
sangat menarik aplgi bila ditambh dengan
sambel2 (wew). Namun vonis dari dokter (umum+internis di boromeus +salak) membuat saya tidak
boleh lagi memakan sambal serta makanan kegemaran lainnya (kuah santan
sumatera, susu..ini pling berat Allah), so makan ayam goreng terasa
hambar dan kurang hot.
Mungkin orang lain tidak sadar, tetapi seorang penjual pasti bertanya2 dalam hati :
" Ini anak kok beli dan makan ayam goreng gak pernah make sambel apa ga
hambar, apa sambel saya gak enak, ah gak mungkin kalo ga enak mah"
Sampe tepatnya bapak penjual ayam goreng y*ma*t bertanya, "bang,tidak
make sambel makanannya ?" 13406004 menjawab :" iya pak, saya sudah
berjanji kepada diri saya untuk tidak
memakan sambal lagi, dilarang dokter pak" . Dari pertanyaan itu kemudian
dilanjutkan dengan pertanyaan pertanyaan yang lebih intensif dan
demografis.
FORWARD-----FORWARD SAMPE H-2 IDUL ADHA
"Pak, bu (ibunya ada juga dan sama baiknya), soto ayam masih ada (soto ayam ada jg bro)?"
"Ada bang, makan di sini ?"
"Iya pak"
"Abang gak pulang ,lusa kan idul adha?"
"Nggak pak, saya berhalangan pulang pak, saya shoalt idul adha di sini pak"
"Mampir ya bang abis sholat ya ntar ?"
Sebenernya agak ragu (insting tp lebih cocok disebut kecurigaan) bahwa si bapak BASA BASI
"Insya allah pak, hehehehhe (biasa anak baek)"
FORWARD------FOWRWARD HARI H IDUL ADHA (ALLAHU AKBAR ALLAHU AKBAR)
Jam menunjukkan pukul 06.00 (panik panik) gara2 semalem pesta2 bujangan di kosan 13406030
bersama 13406018,13406039 dan pemilik kosan. Mandi cepat2 dan dress up sampai jam menunjukkan
pukul 06.30 (yes2). Dengan langkah gagah menuju masjid, tp di tengah jalan di hardik sama seorang
bapak " nak jalan ke sana untuk ibu-ibu dan gadis2 ,bapak2 dan bujang2
ke sana ", setengah tengsin namun tetap tenang karena yang negurnya
bapak penjual ayam Y*MA*T (DUARR pas bgt dah!!!)
Kemudian seperti bapak dan anak kami berjalan beriringan sampai di halaman luas tempat solat ied,
(dalam hati aduh saya lupa bawa koran buat sejadah). Tanpa diminta bapak penjual Yomart menyerah
kan beberapa korannya. Dari situ saya udah takjub bgt bapak ini baek sekali.
FORWARD----SHOLAT IED 2 RAKAAT (SEKARANG SAAT KHUTBAH)-----intisarinya
Ustadz :"wahai kaum muslimin di hari ini mari kita bangkitkan semangat kita kembali untuk ikhlas
memberikan yang terbaik kepada agama Allah, seperti Ibrahim yang ikhlas mengorbankan
Ismail"
Saya dalam hati : "setiap khutbah saya mendengar ini, tp mengapa saya sampai sekarang saya masih
belum memberikan sesuatu pada agama Allah dan malah menambah kerusakan di muka bumi"
FORWARD----PASCA KHUTBAH
"bang, sekarang kita ke rumah bapak ya ?"
bak mendengar petir CTAR CTAR CTAR "Ya Allah saya sudah salah menilai bahwa bapak
ini hanya basa basi waktu itu"
Saya hanya bisa menganguk dan berjalan bersebelahan dengannya. Di jalan orang lalu lalang
memperhaitkan kami (so sweet,gr bgt sih lo) dan berpapasan dengan istri si bapak. Karena
sedang menyalami ibu2 yg lainnya, dia kurang memperhatikan kedatangan saya di belakang
suaminya.
FORWARD----RUMAH BAPAK
Saya masuk dan dipersilakan duduk oleh si bapak. Di dalam rumah saya diperkenalkan dengan
anak pertamanya, menantu pertamanya, serta cucu-cucunya yang amat menggemaskan.
Melihat cucunya yang berusia 1,2 tahun mengingatkan saya pada adik kecil saya (Dava, maaf
abang tidak pulang, abang masih berusaha yang terbaik di sini) yang juga menggemaskan.
Tak lama kemudian istri si bapak datang dan saya tanpa disuruh langsung mencium tangan si ibu.
Belum habis perasaan menyesal karena menuduh yg bukan2 si bapak bilang " Bang,sekarang kamu
di rumah ini jadi anak bapak juga, jadi bukan tamu di sini ,jadi anggap saja bapak ini adalah bapak
kamu dan ibu ini jadi ibu kamu juga"
CTAR CTAR, perasaan menyesal, senang,bangga, dan sedih berkecamuk saat itu juga. Ya Allah betapa
hamba bodoh saat tahu dia tulus mengundang hamba (menyesal ). Ya Allah terimakasih sudah
memberikan keluarga baru untuk hamba (senang) .
Perasaan campur aduk ini bisa saya kendalikan dengan baik untungnya.
Kemudian si bapak bercerita mengenai masa mudanya. Dan sekali lagi saya
salah ...benar2 salah, dia bukan orang bodoh!!!!
dia adalah seorang AHLI TANAH...AHLI GEOLOGI ya Allah,semoga usaha nya tetap dirahmati-MU
(saya tidak akan ragu lagi). Dia bercerita mengenai pengalamannya menjelajahi nusantara
dari Sumatera hingga Papua (Subhanallah), bahkan dia berjumpa dengan
istrinya karena ayah dari istrinya adalah seorang team geologi seniornya
(bosnya lah)!!! Benar2 Allah swt menunjukkan jalan
bagi hambanya yang berjalan di jalan-nya.
Mendengar pengalaman hidupnya yang begitu hebat, saya mengutrakan keinginan untuk suatu saat
berkelana mencari pengalaman yang belum saya dapat sekarang ini. Saya ingin berkelana ya Allah
ke titik-titik rahmat Mu di muka bumi dan menemukan waktu yang tepat untuk mengakhiri perjalanan
tersebut dengan membentuk keluarga sakinah,mawadah,dan warrohmah seperti orang yang sudah
kau kirimkan pada hamba.
tp saya juga bersyukur karena sejak hari itu
SAYA MENDAPATKAN KELUARGA BARU ...SAYA MENDAPAT PELAJARAN BARU : JANGAN PERNAH
MEMANDANG RENDAH SESEORANG
Semoga Kita Bisa Memberikan yan Terbaik Bagi Ibu, Ayah dan Saudara2 Kita,Amin
Gimana ceritanya..? semoga bisa di ambil jadi pelajaran buat kita
Diposting oleh
zZz
komentar (0)
Diposting oleh
zZz
komentar (0)
OTONOMI DAERAH
Apa yang di maksud dengan otonomi
daerah?
Otonomi sendiri adalah penyerahan wewenang dari pemr
pusat ke daerah yang berada di bawahya dalam segala aspek kecuali militer,
politik luar negeri, fiskal, dan bank sentral.
Menurut
undang-undang nomor 32 tahun 2004 Otonomi daerah adalah hak, wewenang, dan
kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan
dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Secara harfiah, otonomi daerah berasal dari kata otonomi dan daerah. Dalam
bahasa Yunani, otonomi berasal dari kata autos dan namos. Autos berarti sendiri
dan namos berarti aturan atau undang-undang, sehingga dapat diartikan sebagai
kewenangan untuk mengatur sendiri atau kewenangan untuk membuat aturan guna
mengurus rumah tangga sendiri. Sedangkan daerah adalah kesatuan masyarakat
hukum yang mempunyai batas-batas wilayah.
Dasar hukum otonomi daerah
- Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
- Ketetapan MPR RI Nomor XV/MPR/1998 tentang Penyelenggaraan Otonomi Daerah, Pengaturan, pembagian, dan Pemanfaatan Sumber Daya Nasional yg Berkeadilan, serta perimbangan keuangan Pusat dan Daerah dalam Kerangka NKRI.
- Ketetapan MPR RI Nomor IV/MPR/2000 tentang Rekomendasi Kebijakan dalam Penyelenggaraan Otonomi Daerah.
- UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.pemerintahan daerah mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan, diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan, pelayanan, pemberdayaan, dan peran serta masyarakat, serta peningkatan daya saing daerah dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan dan kekhususan suatu daerah dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia
- UU No. 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
Pelaksanaan Otonomi Daerah
Pelaksanaan otonomi daerah merupakan
titik fokus yang penting dalam rangka memperbaiki kesejahteraan rakyat.
Pengembangan suatu daerah dapat disesuaikan oleh pemerintah daerah dengan
potensi dan kekhasan daerah masing-masing.
Contoh pelaksanaan otonomi daerah
1. kewajiban pekerja di instansi untuk
mengenakan seragam dinas.
2. penentuan UMR (upah minimum
regional) bagi pekerja swasta
3. penertiban pedagang kaki lima
4. pengembangan daerah
5. retribusi
6. pajak daerah
7. penggunaan kurikulum pendidikan
setempat, seperti penggunaan bahasa daerah yang dimasukkan ke pelajaran
sekolah.
Tujuan otonomi daerah
Tujuan
utama dikeluarkannya kebijakan otonomi daerah yaitu membebaskan pemerintah
pusat dari berbagai beban dan menangani urusan suatu daerah yang bisa
diserahkan kepada pemerintah daerah. Oleh karenanya pemerintah pusat memiliki
kesempatan untuk mempelajari, merespon, memahami berbagai kecenderungan global
dan menyeluruh serta dapat mengambil manfaat daripadanya. Pemerintah pusat
diharap lebih mampu berkonsentrasi dalam perumusan kebijakan makro atau luas
yang sifatnya umum dan lebih mendasar, juga dengan adanya desentralisasi daerah
dapat mengalami proses pemberdayaan yang lebih optimal. Sehingga kemampuan
prakarsa dan kreativitas pemerintah daerah akan terpacu, dan dalam mengatasi
masalah yang terjadi di daerahnya
semakin kuat. Tujuan lainnya dari kebijakan otonomi daerah antara lain :
mengembangkan kehidupan demokrasi, pemerataan, keadilan, mendorong dalam
memberdayakan masyarakatnya, meningkatkan peran serta masyarakat, mengembangkan
peran dan fungsi DPRD juga memelihara hubungan baik antara pemerintah pusat
dengan pemerintah daerah.
Manfaat Otonomi Daerah
memberikan hak kepada
daerah otonom untuk mengatur daerahnya sendiri, agar mereka memiliki kebebasan
dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakatnya, juga mempermudah pemda
otonom untuk mengetahui atau mengerti kebutuhan masyarakat didalamnya. Manfaat
otonomi daerah lainnya antara lain:
- Pelaksanaan otonomi daerah dapat dilaksanakan sesuai kepentingan masyarakatnya.
- Memotong jalur birokrasi yang sedikit rumit dan prosedur yang sangat terstruktur dari pemerintah pusat.
- Mampu meningkatkan efisiensi pemerintahan pusat, pejabat pusat tidak lagi menjalankan tugas rutin ke daerah-daerah karena hal itu bisa diserahkan kepada pejabat daerah otonom.
- Dapat meningkatkan pengawasan dalam berbagai kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh elite lokal, yang biasanya tidak simpatik dengan program-program pembangunan nasional dan tidak sensitif terhadap kebutuhan dari kalangan miskin di suatu pedesaan.
- Dapat meningkatkan penyediaan barang dan jasa disuatu daerah dengan biaya yang terjangkau dan lebih rendah, hal itu tidak lagi menjadi beban pemerintah pusat karena telah diserahkan kepada pemda.
Diposting oleh
zZz
komentar (0)
Kasus Budi Gunawan dan ketegangan KPK-Polri
Selama beberapa pekan terakhir, polemik akan pencalonan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri dan ketegangan antara KPK-Polri terus berlanjut, berikut kronologinya.
10 Januari 2015
Presiden Joko Widodo memilih Budi Gunawan sebagai kandidat tunggal Kapolri menggantikan Sutarman. Keputusan Jokowi mengundang kritik karena keterkaitan Budi dengan kasus rekening gendut pejabat Polri serta pengaruh Megawati Sukarnoputri, karena Budi pernah menjadi ajudan Megawati saat ia menjadi presiden.
13 Januari 2015
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan Budi Gunawan sebagai tersangka korupsi saat ia menjabat Kepala Biro Pembinaan Karier Deputi Sumber Daya Manusia Polri periode 2003-2006 dan jabatan lainnya di kepolisian. Ketua KPK Abraham Samad mengatakan Komjen BG sejak lama sudah mendapatkan catatan merah dari KPK.
14 Januari 2015
Budi Gunawan dinyatakan lulus uji kelayakan dan kepatutan oleh Komisi III DPR.
15 Januari 2015
Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menetapkan Komisaris Jenderal Komjen Budi Gunawan sebagai calon kapolri menggantikan Jenderal Sutarman, pada Kamis (15/01) siang. Keputusan sidang paripurna itu didukung oleh delapan fraksi yaitu PDI-P, Golkar, Gerindra, PKS, PKB, Nasdem, Hanura, dan PPP. Sementara Fraksi Demokrat dan PAN meminta DPR menunda persetujuan dengan sejumlah pertimbangan, antara lain adanya penetapan tersangka Budi Gunawan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)
Pada periode ini, beredar foto-foto mesra yang diduga sebagai sebagai Ketua KPK Abraham Samad dan Putri Indonesia 2014 Elvira Devinamira. Baik Elvira mau pun Samad menyatakan foto-foto itu palsu.
19 Januari 2015
Budi Gunawan mendaftarkan gugatan pra peradilan terkait penetapan tersangka atas dirinya oleh KPK ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
22 Januari 2015
Kuasa hukum Budi Gunawan melaporkan para komisioner KPK ke Badan Reserse Kriminal Mabes Polri dengan tuduhan membocorkan rahasia negara berupa laporan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK ) terhadap rekening Budi Gunawan dan keluarganya.
Pada hari yang sama, PLT Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto memberikan pernyataan publik bahwa Abraham Samad pernah mengutarakan ambisi menjadi calon wakil presiden dan bahwa Samad menuduh Budi Gunawan menggagalkan ambisinya.
23 Januari 2015
Bareskrim Polri menangkap wakil ketua KPK Bambang Widjojanto dengan tuduhan memerintahkan saksi sengketa pilkada Kotawaringin Barat bersumpah palsu. Penangkapan dilakukan petugas bersenjata di hadapan anak Bambang. Ratusan orang berdatangan ke gedung KPK untuk memberikan dukungan kepada KPK. Pada malam harinya, Samad serta sejumlah tokoh masyarakat mendatangi Bareskrim Mabes Polri menuntut pembebasan Bambang Widjojanto.
Pada hari yang sama, Presiden Joko Widodo menyatakan sikapnya terkait konflik ini. Namun pernyataan Jokowi disambut kekecewaan oleh sebagian publik karena dianggap tidak menyelesaikan masalah.
"Memastikan bahwa proses hukum yang ada harus obyektif dan sesuai aturan Undang-Undang yang ada. Saya meminta sebagai kepala negara agar institusi Polri dan KPK tidak terjadi gesekan dalam menjalankan tugas masing-masing," kata Jokowi saat itu.
Para pengamat bahkan mengkritik bahwa Jokowi tidak bertindak sebagai kepala negara melainkan petugas partai.
24 Januari 2015
Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja diadukan ke Bareskrim Polri atas dugaan pemalsuan surat notaris dan penghilangan saham PT Desy Timber.
25 Januari 2015
Jokowi membentuk tim 9 untuk membantu mencarikan solusi ketegangan KPK-Polri.
28 Januari 2015
Tim 9 mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo untuk mencabut pencalonan Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kapolri karena Budi sudah ditetapkan KPK sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi.
"Kita harapkan tidak dilantik dan kemudian diajukan calon baru. Alasannya karena dia telah berstatus tersangka sehingga bukan hanya rule of law tetapi juga rule of ethics yang harus dijadikan pegangan, "kata Wakil Ketua Tim 9, Jimly Asshidiqie, kepada Nuraki Aziz dari BBC Indonesia.
Tim bentukan presiden ini memberikan usulannya untuk mendesak Jokowi agar segera bertindak agar keadaan negara tidak terombang-ambing.
26 Januari 2015
Wakil Ketua KPK Zulkarnaen dilaporkan ke Mabes Polri dengan tuduhan korupsi dana hibah Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) Jawa Timur pada 2008.
2 Februari 2015
Sidang gugatan pra peradilan Budi Gunawan dimulai di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
16 Februari 2015
Majelis Hakim PN Jakarta Selatan mengabulkan gugatan Budi Gunawan dan menyatakan penetapannya sebagai tersangka tidak sah dan tidak bersifat mengikat secara hukum.
Diposting oleh
zZz
komentar (0)
1.1
Pendahuluan
Rasa cinta kepada tanah air sebenarnya adalah sesuatu hal yg sangat penting yg perlu ada pada setiap warga negara manapun, tetapi sulit untuk diterapkan. Dengan adanya rasa cinta terhadap negara asal, dapat membantu suatu negara untuk berkembang, bersaing dengan negara lain, dan membuat warga negaranya menjadi lebih baik.
Rasa cinta kepada tanah air sebenarnya adalah sesuatu hal yg sangat penting yg perlu ada pada setiap warga negara manapun, tetapi sulit untuk diterapkan. Dengan adanya rasa cinta terhadap negara asal, dapat membantu suatu negara untuk berkembang, bersaing dengan negara lain, dan membuat warga negaranya menjadi lebih baik.
1.2
Tujuan
Dengan penulisan ini diharapkan agar masyarakat dapat menyadari pentingnya rasa cinta terhadap tanah air, mengapa rasa cinta tanah air diperlukan dan contoh untuk mewujudkannya.
Dengan penulisan ini diharapkan agar masyarakat dapat menyadari pentingnya rasa cinta terhadap tanah air, mengapa rasa cinta tanah air diperlukan dan contoh untuk mewujudkannya.
2.1 Pengertian Cinta Tanah Air
Cinta
Tanah air dapat diartikan sebagai kasih sayang terhadap suatau suatu negara
dimana seseorang berasal. Dengan adanya rasa kasih sayang tersebut dapat mendorong
seseorang untuk mengabdi, memelihara, membela dan membuat negara tempat dia
dilahirkan berkembang menjadi lebih baik.
2.2 Mengapa Cinta Tanah Air Diperlukan
Suatu
negara membutuhkan sebuah proses yang lama dan tidak mudah untuk berkembang
menjadi negara maju. Untuk itu, negara membutuhkan orang-orang yg bertanggung
jawab, cerdas, berwawasan dan juga cinta terhadap tanah air mereka. Dengan rasa
cinta terhadap tanah air, mereka akan membantu negaranya menjadi negara yang
lebih baik karena sebuah bangsa atau negara tidak akan menjadi menjadi negara
yang maju atau berkembang tanpa bantuan dari warga negaranya itu sendiri, baik
masyarakat ataupun pemerinttahannya.
2.3 Bentuk Cinta Tanah Air
Ada banyak
cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan rasa cinta terhadap tanah air kita. Salah
satu contohnya adalah.
- Bangga Sebagai Warga Negara
Rasa bangga sebagai warga negara itu sendiri sebenarnya memiliki dampak yang besar terhadap kepada negaranya. Dengan itu, warga negara akan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik untuk negaranya dan dapat bersaing dengan negara lain.
- Memakai Produk Dalam Negeri
Dengan memakai produk dalam negeri berarti menghargai hasil dari negara itu
sendiri.
Maka akan memberi dampak positif terhadap peningkatan pendapatan dan juga pembukan lapangan kerja.
Maka akan memberi dampak positif terhadap peningkatan pendapatan dan juga pembukan lapangan kerja.
- Menaati Peraturan
Dengan menaati peraturan, kita dapat menjaga kedamaian di negara itu
sendiri. Membuat masyarakat yang lebih displin dan meningkatkan kualitas
pemerintahaan yang baik.
- Membayar Pajak
Dengan membayar pajak, kita ikut serta dalam pembangunan negara. Uang yang
diperoleh dari pajak akan digunakan untuk membiayai berbagai jenis pembangunan
yang ada.
2.4 Penyebab Menurunnya Rasa Cinta Tanah Air
·
Persaingan dari negara lain
·
Kurangnya kualitas suatu produk
·
Pemikiran maysarakat yang masih tertutup
·
Tidak menghormati satu sama lain
·
Tidak menaati peraturan yang ada
3.1 Kesimpulan
Rasa cinta
tanah air harus diterapkan kepada setiap warga negaranya. Agar dapat menjadi negara
yang lebih baik tentu saja negara itu sendiri membutuhkan warga negara yg lebih
baik. Dengan begitu warga negara memiliki semangat atau rasa ingin membuat
negaranya tidak kalah dengan negara lain dan terus berusaha untuk meningkatkan
kualitas negara dan penduduknya.
3.2 Saran
Rasa
Cinta terhadap tanah air harus di tanamkan sejak dini kepada masyarakat. Karena
mereka adalah penerus-penerus bangsa.
Diposting oleh
zZz
komentar (1)
1. Aplikasi – aplikasi Siklus Pendapatan
Siklus pendapatan adalah rangkaian aktivitas bisnis dan
kegiatan pemrosesan informasi terkait yang terus berulang dengan menyediakan
barang dan jasa ke para pelanggan dan menagih kas sebagai pembayaran dari
penjualan-penjualan tersebut. Terdapat empat aktivitas dasar bisnis yang
dilakukan dalam siklus pendapatan :
1.
Entri Pesanan Penjualan :
•
Mengambil pesanan dari pelanggan.
•
Memeriksa dan menyetujui kredit
pelanggan.
•
Memeriksa ketersediaan persediaan.
2.
Pengiriman
Aktivitas dasar kedua dalam siklus pendapatan adalah
memenuhi pesanan pelanggan dan mengirimkan barang dagangan yang diinginkan
tersebut, proses ini terdiri dari dua tahap :
•
Mengambil dan mengepak pesanan.
•
Mengirim pesanan tersebut.
3.
Penagihan dan Piutang Usaha
Aktivitas dasar ketiga dalam siklus pendapatan,
melibatkan :
•
Penagihan ke para pelanggan.
•
Memelihara data piutang usaha.
4.
Penagihan Kas
•
Menangani kiriman uang pelanggan.
•
Menyimpannya ke bank.
Entri
Pesanan Penjualan (Aktivitas 1)
Fungsi entri pesanan penjualan mencakup tiga aktivitas
utama, yaitu :
1. Mengambil pesanan dari pelanggan
2. Memeriksa dan menyetujui kredit pelanggan
3. Memeriksa ketersediaan persediaan
Bagaimanapun data pesanan pelanggan diterima pada
awalnya, merupakan hal yang penting bahwa semua data yang dibutuhkan untuk
memproses pesanan tersebut dikumpulkan dan dicatat secara akurat. Oleh sebab
itu, pemeriksaan edit berikut ini harus dilakukan untuk memastikan akurasi yang
menyeluruh:
-
Pemeriksaan validitas, Uji kelengkapan
-
Uji kewajaran
-
Persetujuan kredit
-
Otorisasi umum, Batas kredit
-
Otorisasi khusus:Pemeriksaan batas
Langkah berikutnya adalah, menetapkan apakah tersedia
cukup persediaan untuk memenuhi pesanan tersebut. Internally generated
documents produced by sales order entry:
-
Pesanan penjualan
-
Slip pengepakan
-
Kartu pengambilan barang
Pengiriman
(Aktivitas 2)
Warehouse workers are responsible for filling customer
orders by removing items from inventory. Keputusan-keputusan penting dan
kebutuhan informasi:
-
Menentukan metode pengiriman.
-
in-house
-
outsource
Dokumen, catatan, dan prosedur:
· Kartu pengambilan printed by the sales
order entry triggers the shipping process and is used to identify which
products to remove from inventory.
· Jumlah phisik dibandingkan dengan
kuantitas pada kartu pengambilan dan slip pengepakan.
· Beberapa tempat pemeriksaan dibuat dan
dokumen pengiriman dipersiapkan.
Penagihan
dan Piutang Usaha (Aktivitas 3)
Dua aktivitas yang dilakukan pada stage siklus pendapatan
ini adalah:
1. Invoicing
customers
2. Maintaining
customer accounts
Jenis
sistem penagihan:
· Dalam sistem setelah penagihan, faktur
dipersiapkan setelah confirmasi bahwa barang-barang dikirim.
· Dalam sistem pra penagihan, faktur
dipersiapkan (tetapi tidak dikirim) sesegera pesanan disetujui.
· Persediaan, piutang dagang, dan file
buku besar diperbaharui pada waktu ini.
Metode-metode
pengurusan piutang dagang:
· Metode faktur terbuka
· Metode pembayaran gabungan
Penagihan
Kas (Aktivitas 4)
Dua bagian yang terlibat dalam aktivitas ini adalah:
1. Kasir
2. Fungsi
piutang dagang
Keputusan-keputusan penting dan Kebutuhan Informasi:
1.
Pentingnya pengurangn pencurian kas.
2.
Fungsi penagihan piutang dagang
seharusnya tidak mempunyai akses phisik ke kas atau cek.
3.
Fungsi piutang dagang harus mampu
mengidentifikasi sumber suatu pengiriman uang dan vaktur aplikasi harus
dikredit.
Dokumen, catatan, dan prosedur:
1.
Cek diterima dan dikirim (disimpan).
2.
Daftar pengiriman uang dipersiapkan dan
dimasukkan secara on-line pelanggan, nomor faktur, dan jumlah setiap
pembayaran.
3.
The system performs a number of on-line
edit checks to verify the accuracy of data entry.
Model Data Siklus Pendapatan
KET.
PD =
Piutang Dagang BB = Buku Besar
PNGHN =
Penagihan OP
= Order Penjualan
PGRMN =
Pengiriman CUSTM
= Pelanggan
KUNCI ARUS DATA
1. Order 8
. Pengiriman
2. Order Penjualan 9
. Nota Pengiriman
3. Order Penj. di ACC 10.
Faktur
4. Order Pengiriman 11. Memo
Pemindahbuku
5. Slip Pengepakan 12.
Voucher Jurnal
6. Memo Penagihan 13.
Pengendalian Total
7. Nota Pengiriman
2. Aplikasi – aplikasi Siklus Pengeluaran :
Sikklus Pengeluaran adalah
rangkaian kegiatan bisnis dan operasional pemrosesan data terkait yang
berhubungan dengan pembelian serta pembayaran barang dan jasa.
Tujuan utama dalam siklus pengeluaran adalah untuk meminimalkan biaya total memperoleh dan memelihara
persediaan, perlengkapan, dan berbagai layanan yang dibutuhkan organisasi untuk
berfungsi.
Siklus Pengeluaran :
Keputusan-keputusan penting :
•
Berapakah
tingkat optimal persediaan dan perlengkapan yang akan ditanggung?
•
Pemasok
manakah yang memberikan kualitas dan layanan terbaik dengan harga terbaik ?
•
Dimanakah
persediaan dan perlengkapan akan disimpan ?
•
Bagaimana
cara organisasi mengkonsolidasi pembelian di lintas unit untuk mendapatkan
harga yang optimal ?
•
Bagaimana TI
dapat digunakan untuk meningkgatkan baik efisiensi maupun keakuratan fungsi
logistik inbound ?
•
Apakah
tersedia cukup kas untuk memanfaatkan diskon yang diberikan oleh pemasok ?
•
Bagaimana
pembayaran ke vendor dapat dikelola untuk memaksimalkan arus kas ?
Aktivitas Bisnis Siklus Pengeluaran :
1.
Memesan barang, Perlengkapan dan jasa (layanan)
Aktivitas utama pertama
dalam siklus pengeluaran adalah memesan persediaan atau perlengkapan.
Aktivitas utama pertama
dalam siklus pengeluaran adalah memesan persediaan atau perlengkapan. Metode
pengendalian persediaan tradisional ini sering disebut: kuantitas pesanan ekonomis
[EOQ]). Pendekatan ini didasarkan pada perhitungan jumlah optimal pesanan untuk
meminimalkan jumlah biaya pemesanan, penggudangan dan kekurangan persediaan.
Metode-metode pengendalian persediaan alternatif :
–
MRP (material
requirement planning). Pendekatan ini bertujuan mengurangi tingkat persediaan
yang dibutuhkan dengan cara menjadwalkan produksi, bukan memperkirakan
kebutuhan. Sistem MRP menjadwalkan produksi untuk memenuhi perkiraan kebutuhan
penjualan, sehingga menghasilkan persediaan barang jadi.
–
JIT (just in
time). Sistem JIT berusaha untuk meminimalkan, jika bukan menghilangkan, baik
biaya penggudangan maupun kekurangan persediaan. Sistem JIT menjadwalkan
produksi untuk memenuhi permintaan pelanggan, sehingga secara nyata meniadakan
persediaan barang jadi.
Dokumen-dokumen dan prosedur-prosedur:
Permintaan pembelian
adalah sebuah dokumen yang mengidentifikasikan berikut ini :
– Peminta dan
mengidentifikasi nomor barang
– Menspesifikasikan
lokasi pengiriman dan tanggal dibutuhkan
– Deskripsi,
jumlah barang, dan harga setiap barang yang diminta
– Dan dapat
berisi pemasok yang dianjurkan
– Menetukan
pemasok (vendor)
Faktor-faktor apakah yang
harus dipertimbangkan dalam membuat keputusan adalah
§ Harga, kualitas bahan baku
§ Dapat diandalkan dalam melakukan pengiriman
Pesanan pembelian adalah
sebuah dokumen atau formulir elektronis yang secara formal meminta pemasok
untuk menjual dan mengirimkan produk yang disebutkan dengan harga yang telah
ditentukan. Pesanan pembelian juga merupakan janji untuk membayar dan menjadi
sebuah kontrak begitu pemasok menyetujuinya.
2.
Menerima dan menyimpan barang, Perlengkapan dan
jasa (layanan)
Menerima dan menyimpan
barang, Perlengkapan dan jasa (layanan) :
•
Aktivitas
bisnis utama kedua dalam siklus pengeluaran adalah penerimaan dan penyimpanan barang
yang dipesan.
•
Keputusan-keputusan
penting dan kebutuhan-kebutuhan informasi:
•
Bagian
penerimaan mempunyai dua tanggung jawab utama:
– Memutuskan apakah menerima pengiriman
– Memeriksa
jumlah dan kualitas barang
•
Dokumen-dokumen
dan prosedur-prosedur:
•
Laporan
penerimaan adalah dokumen utama yang digunakan dalam subsistem penerimaan dalam
siklus pengeluaran, laporan ini mendokumentasikan rincian mengenai: setiap
kiriman, termasuk tanggal penerimaan, pengiriman, pemasok, dan nomor pesanan
pembelian.
Bagi setiap barang yang
diterima, laporan ini menunjukkan nomor barang, deskripsi, unit ukuran, dan
jumlah barang yang diterima.
3.
Membayar barang, Perlengkapan dan jasa (layanan)
Aktivitas utama ketiga
dalam siklus pengeluaran adalah menyetujui faktur penjualan dari vendor untuk
pembayaran.
– Bagian utang usaha
menyetujui faktur penjualan untuk dibayar
– Kasir bertanggung jawab
untuk melakukan pembayaran
Tujuan utang usaha adalah
untuk mensahkan pembayaran hanya untuk barang dan jasa yang dipesan dan
benar-benar diterima.
Ada dua cara untuk memproses faktur penjualan dari
vendor :
– Sistem tanpa
voucher
– Sistem
Voucher
Pengendalian Sistem Informasi Akutansi
Resiko Pengendalian
SIA
·
Kehancuran karena bencana alam dan politik
bencana alam dan politik dapat menghancurkan sistem informasi dan menyebabkan kerugian bagi sebuah perusahaan, baik dalam jumlah besar maupun kecil.
contoh : kebakaran / kemarau panjang, banjir, gempa bumi, badai, peperangan, serangan terrorist (serangan pada WTC)
bencana alam dan politik dapat menghancurkan sistem informasi dan menyebabkan kerugian bagi sebuah perusahaan, baik dalam jumlah besar maupun kecil.
contoh : kebakaran / kemarau panjang, banjir, gempa bumi, badai, peperangan, serangan terrorist (serangan pada WTC)
·
Kesalahan pada software dan tidak berfungsinya
peralatan
terjadi karena berhentinya peralatan, rusaknya software, kegagalan sistem informasi, gangguan listrik.
terjadi karena berhentinya peralatan, rusaknya software, kegagalan sistem informasi, gangguan listrik.
·
Tindakan tidak sengaja
terjadi pada saat salah menginput suatu data, menghapus data. Hal ini terjadi karena kesalahan manusia atau user yang tidak terlatih.
terjadi pada saat salah menginput suatu data, menghapus data. Hal ini terjadi karena kesalahan manusia atau user yang tidak terlatih.
·
Tindakan sengaja
berbeda dari tindakan tidak sengaja, hal ini terjadi karena ulah seseorang yang bertujuan menghancurkan sistem atau beberapa komponennya dengan tujuan tertentu
berbeda dari tindakan tidak sengaja, hal ini terjadi karena ulah seseorang yang bertujuan menghancurkan sistem atau beberapa komponennya dengan tujuan tertentu
Eksposure pada
pengendalian SIA
Resiko yang terjadi akibat
kehilangan kendali. Kekeliruan yang tidak disengaja dalam pencatatan dan proses
input data. Hilangnya data atau aktiva. Pencurian aktiva atau kesengajaan
kariawan. Operasi yang tidak efisien. Keputusan manajemen
Lingkup pengendalian
1.
Komitemen atas intregitas dan nilai nilai etika
2.
Filosofi pihak managemen dan gaya beroprasi
3.
Struktur dan gaya organisasi
4.
Badan audit dewan komisaris
5.
Metode untuk memberikan otoritas dan tanggung
jawab
6.
Kebijakan dan praktek praktek SDM
Sistem Akutansi
Metode dan prosedur untuk
mencatat dan melaporkan informasi keuangan yang disediakan bagi perusahaan
dalam suatu organisasi bisnis. Sistem akuntansi terdiri atas dokumen bukti
transaksi alat-alat pencatatan, laporan dan prosedur yang digunakan perusahaan untuk
mencatat transaksi-transaksi serta melaporkan hasilnya. Operasi suatu sistem
akuntansi meliputi tiga tahapan:- Harus mengenal dokumen bukti transaksi yang digunakan oleh perusahaan, baik mengenai jumlah fisik maupun jumlah rupiah. serta data penting lainnya yang berkaitan dengan transaksi perusahaan.
- Harus mengelompokkan dan mencatat data yang tercantum dalam dokumen bukti transaksi kedalam catatan-catatan akuntansi.
- Harus meringkas informasi yang tercantum dalam catatan-catatan akuntansi menjadi laporan-laporan untuk manajemen dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.
Prosedur pengendalian
·
Sistem Pengendalian Internal
Sistem Pengendalian Internal adalah Suatu perencanaan yang meliputi struktur organisasi dan semua metode dan alat-alat yang dikoordinasikan yang digunakan di dalam perusahaan dengan tujuan untuk menjaga keamanan harta milik perusahaan, memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansi, mendorong efisiensi, dan membantu mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen yang telah ditetapkan.
Sistem Pengendalian Internal adalah Suatu perencanaan yang meliputi struktur organisasi dan semua metode dan alat-alat yang dikoordinasikan yang digunakan di dalam perusahaan dengan tujuan untuk menjaga keamanan harta milik perusahaan, memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansi, mendorong efisiensi, dan membantu mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen yang telah ditetapkan.
Dari definisi di atas dapat kita lihat bahwa tujuan
adanya pengendalian internal :
1. Menjaga kekayaan organisasi.
2. Memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansi.
3. Mendorong efisiensi.
4. Mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen.
1. Menjaga kekayaan organisasi.
2. Memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansi.
3. Mendorong efisiensi.
4. Mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen.
Dilihat dari tujuan tersebut maka sistem
pengendalian internal dapat dibagi menjadi dua
1. Pengendalian Internal Akuntansi
dibuat untuk mencegah terjadinya inefisiensi yang tujuannya adalah menjaga kekayaan perusahaan dan memeriksa keakuratan data akuntansi. Contoh : adanya pemisahan fungsi dan tanggung jawab antar unit organisasi.
2. Pengendalian Administratif
dibuat untuk mendorong dilakukannya efisiensi dan mendorong dipatuhinya kebijakkan manajemen.(dikerjakan setelah adanya pengendalian akuntansi) Contoh : pemeriksaan laporan untuk mencari penyimpangan yang ada, untuk kemudian diambil tindakan.
dibuat untuk mencegah terjadinya inefisiensi yang tujuannya adalah menjaga kekayaan perusahaan dan memeriksa keakuratan data akuntansi. Contoh : adanya pemisahan fungsi dan tanggung jawab antar unit organisasi.
2. Pengendalian Administratif
dibuat untuk mendorong dilakukannya efisiensi dan mendorong dipatuhinya kebijakkan manajemen.(dikerjakan setelah adanya pengendalian akuntansi) Contoh : pemeriksaan laporan untuk mencari penyimpangan yang ada, untuk kemudian diambil tindakan.
Sistem informasi
akutansi berbasis komputer
Sistem
informasi akuntansi berbasis komputer adalah sistem informasi yang menggunakan
teknologi komputer dalam mengelola data atau transaksi perusahaan menjadi suatu
informasi yang tepat, akurat, dan relevan dalam pengambilan keputusan. Perbedaan
sistem komputer dan manual hanya pada proses pengolahan data input menjadi
output. Pada sistem informasi akuntansi basis komputer data diolah oleh
komputer yang biasa disebut sebagai pengolahan data elektronik.
Ruang Lingkup Sistem Informasi
1. Ruang lingkup Implementasi aplikasi Sikompak
pada Bagian Akuntansi/Pembukuan meliputi pencatatan dan pengolahan data atas
transaksi keuangan yang meliputi penjurnalan, posting hingga menghasilkan
laporan keuangan perusahaan (General Ledger System).
2. Ruang lingkup Sistem Informasi Aktiva Tetap
dan Persediaan terdiri dari mutasi penambahan dan pengurangan pada aktiva tetap
dan persediaan serta perhitungan penyusutan dan nilai buku aktiva tetap.
3. Ruang Lingkup implementasi Billing System
yang telah terkomputerisasi terdiri dari beberapa sub-sistem antara lain
sub-sistem penyambungan baru, sub-sistem administrasi rekening, sub-sistem
pelayanan pelanggan (customer service) dan sub-sistem penagihan dan penerimaan
kas.